Mari Sama-Sama Kita Cari Tau

Mari Sama-Sama Kita Cari Tau
Selalu Berbagi Dengan Yang Lain

Senin, 01 Agustus 2011

Bermain Piano Dapat menoptimalkan keseimbangan Tubuh pada Orangtua


Orang yang sudah tua atau lanjut usia rentan mengalami jatuh karena keseimbangan tubuhnya yang sudah tidak optimal. Tapi hal ini ternyata bisa dicegah dengan cara berlatih piano.


Peneliti telah menemukan bahwa orang yang sudah tua harus melakukan latihan bermain piano, hal ini berguna untuk mengurangi risiko terjatuh. Kondisi ini terbilang tidak umum, karena biasanya cara yang digunakan untuk melatih keseimbangan adalah dengan cara menari atau latihan fisik lainnya.

Dokter percaya kondisi ini disebabkan oleh berolahraga untuk musik dalam hal ini berlatih piano dapat meningkatkan gaya berjalan dan juga keseimbangan tubuh. Didapatkan kelompok partisipan yang melakukan latihan selama enam bulan memiliki risiko terjatuh lebih kecil.

Dalam penelitian ini, sebanyak 134 orang yang rata-rata berusia 75 tahun secara acak ditunjuk untuk melakukan latihan fisik normal atau melakukan satu set musik. Studi ini dilakukan selama 6 bulan dengan mengambil kelas selama satu jam setiap minggunya.

Selama periode 6 bulan ini, jumlah partisipan yang jatuh dari kedua kelompok dimonitor. Terdapat 54 kali jatuh pada partisipan yang melakukan latihan normal, berarti sekitar 1,6 jatuh per orang per tahunnya. Sedangkan pada orang yang berolahraga musik ditemukan hanya 24 kali jatuh, yang berarti sekitar 0,7 jatuh per orang per tahun.

Setelah enam bulan, kedua kelompok tersebut saling bertukar sehingga kedua kelompok mendapatkan kesempatan untuk melakukan latihan normal dan olahraga musik. Didapatkan tingkat jatuh yang sama seperti periode pertama sebelum bertukar.

"Temuan kami menunjukkan bahwa program ini mungkin bisa berguna untuk mencegah orang terjatuh dan juga sebagai rehabilitasi yang berbasis masyarakat," ujar Dr Andrea Trombetti dari University Hospitals and Faculty of Medicine di Jenewa, Swiss yang juga menulis Archives of Internal Medicine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar