Mari Sama-Sama Kita Cari Tau

Mari Sama-Sama Kita Cari Tau
Selalu Berbagi Dengan Yang Lain

Senin, 01 Agustus 2011

Arti Dan Sejarah simbol pada HP dan komputer


Banyak simbol pada komputer, handphone atau blackberry yang praktis mudah dipakai. Berikut ini penelusuran makna, fungsi dan asal usul dari simbol tersebut:

1. Simbol AKEONG atau @

Simbol @ ini bernama AT atau AKEONG sudah pernah dipakai oleh para akuntan pada tahun 1885 sebagai singkatan dari "at the rate of" atau biasa disingkat AT. Bisa juga dimaknai sebagai satuan per unit.Dalam dunia komputer, ketika seorang Raymond Tomlinson, programmer dari Bolt, Beranek & Newmann menggunakannya untuk memisahkan nama komputer yang sudah terhubung ke jaringan dari penggunanya. Makanya dalam alamat email ada simbol @ ini.

2. Simbol USB

Logo yang berbentuk seperti Trisula ini adalah tempat colokan USB. Sekilas bentuknya seperti Trisula, memang perangkat USB, seperti flash disk dan modem, juga ditusukkan seperti trisula juga.Bedanya, Trisula terdapat tiga ujung yang semuanya tajam tapi simbol USB ini berbentuk lingkaran, segitiga, dan segiempat. Artinya, ketiga bentuk itu menandakan kalau USB bisa dipakai oleh berbagai periferal.

3. Simbol Bluetooth

Logo seperti huruf B itu melambangkan Bluetooth. Dulu raja Denmark yang juga dikenal sebagai ahli buah arbei biru, giginya berwarna biru, bernama Harald Blåtand.Logo Bluetooth yang dipakai saat ini merupakan perpaduan dari inisialnya yaitu B. Blåtand juga terkenal karena menyatukan berbagai kepentingan politik dari kelompok yang sekarang dikenal dengan nama Norwegia, Swedia, dan Denmark.Maka simbol Bluetooth berfungsi untk menghubungkan beberapa alat agar dapat berkomunikasi. Bisa mentranfer dan membaca data dari dua alat yang berbeda tanpa harus disambung dengan kabel.

4. Simbol Command

Tanda ini biasa disebut simbol command karena terdapat beberapa fungsi perintah dalam satu tombol. Bentuknya seperti jalur atraksi yang menarik sama seperti fungsinya.Dulu waktu akan menyepakati simbol itu para ahli komputer menemui kesulitan karena sudah terlalu banyak kode kode.Kemudian seorang artis digital bernama Susan Kare melihat-lihat simbol internasional dan pandangannya jatuh kepada sebuah simbol yang menandakan ada atraksi di tempat berkemah.Simbol itu juga dikenal sebagai "perulangan Gorgon" dan dalam standar Unicode, arti simbol itu adalah "tempat simbol-simbol menarik".

5. Simbol Daya

Pada saat Perang Dunia II para insinyur mengartikan angka 0 sebagai "mati" dan 1 sebagai "nyala". Tahun 1973, International Electrotechnical Commission membuat logo berupa lingkaran yang ditusuk oleh garis, untuk menunjukkan keadaan siaga (stand by).Simbol itu berarti siaga, mengacu pada tombol daya atau arus yang masuk on atau off.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar